Gempa di Kepulauan Mentawai Bengkulu


Sampai terakhir saya menulis ini Kamis 13 September 2007 at 09:51:44 AM terjadi gempa susulan kembali setelah gempa kemarin Rabu 12 September 2007

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Meteorologi dan Geofisika belum dapat menyatakan kondisi pascagempa sudah aman, meski batas waktu terjadinya gelombang tsunami sudah terlewati. Ini mengingat masih terjadi gempa susulan. Setelah digoyang gempa dengan kekuatan 7,9 pada Skala Richter (SR), Bengkulu mengalami empat kali gempa susulan dengan kekuatan di atas lima SR, terakhir tercatat 6,2 SR.

Menurut Kepala Bidang Gempa BMG Suhardjono kepada Metro TV malam ini, goncangan cukup hebat dan terus menerus ini dikarenakan adanya pergerakan yang saling menggesek antara lempeng Indoaustralia dan lempeng Euroasia dengan kedalaman 10 kilometer di bawah laut. Namun, BMG belum bisa mengetahui dampak dari gempa besar ini.

Sekitar lima menit setelah gempa 7,9 SR terjadi, BMG telah mengeluarkan peringatan akan adanya potensi tsunami ke sejumlah daerah, seperti sebelah barat Bengkulu, Padang dan Lampung bagian selatan. Hal ini dikarenakan kondisi gempa Bengkulu telah memenuhi syarat terjadi tsunami, yakni berada di atas 6,3 SR dan berada pada 70 kilometer di bawah laut.

Berdasarkan data BMG, gempa Bengkulu berikut gempa susulannya terjadi di beberapa titik yang berbeda. Gempa pertama terjadi pada pukul 18.10 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer pada 4,67 Lintang Selatan dan 101,13 Bujur Timur, 159 kilometer barat daya Bengkulu. Sedangkan gempa susulan pertama berkekuatan 5,7 SR terjadi pukul 19.21 WIB di wilayah barat daya Painan, Sumatra Barat.

Gempa susulan kedua kemudian merambat ke wilayah barat daya Sungai Penuh, Jambi. Gempa di sana berkekuatan 6,1 SR terjadi pada pukul 20.02 WIB. Gempa susulan ketiga kemudian juga terjadi lagi di wilayah Bengkulu dengan kekuatan 5,6 SR pada pukul 20.17 WIB. Tak lama kemudian, sekitar pukul 21.40 WIB, gempa susulan keempat kembali terjadi di wilayah Bengkulu dengan kekuatan 6,6 SR. Gempa susulan kelima kembali terjadi di wilayah barat daya Sungai Penuh Jambi dengan kekuatan 5,1 SR. Gempa terakhir ini terjadi pukul 22.07 WIBSaya mempunyai OM [Family] yang tinggal disana sampai saat ini saya masih belum bisa menghubunginya.

Jika yang kesulitan mengakses http://gis.bmg.go.id/gempaterkini.asp

Sumber : http://neic.usgs.gov/neis/last_event/world_indonesia.html

http://earthquake.usgs.gov/eqcenter/recenteqsww/

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s